Bupati Nias Launching 'MEN MATA ASN'

Berita & Kegiatan2024-09-18 17:00:20 diakses 281 kali.

Bupati Nias, Yaatulo Gulo, S.E.,S.H.,M.Si., meluncurkan (launching) secara resmi hasil Pemetaan Manajemen Talenta Aparatur Sipil Negara (Men MATA ASN) Kabupaten Nias, pada hari Kamis (18/09/2024). Men MATA ASN merupakan proyek perubahan yang digagas oleh Kepala BKPSDM Kabupaten Nias (Efori Telaumbanua, S.T., M.Si.) sebagai salah seorang peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XI BPSDM Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024.

“Proyek Perubahan Men MATA ASN merupakan sesuatu yang sangat fundamental dalam membangun mentrasformasi ASN di Kabupaten Nias dalam rangka penerapan merit system”, tegas Bupati Nias dalam arahannya.

Men MATA ASN adalah hasil pemetaan ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Nias berbasis kompetensi dan kinerja, yang dipetakan dalam bentuk matriks nine box manajemen talenta. Dalam laporannya, Efori Telaumbanua selaku project leader Men MATA ASN menjelaskan bahwa pemetaan dimulai dengan melakukan asesmen kompetensi dan potensi terhadap seluruh pejabat Administrator (eselon 3) dan pejabat Pengawas (eselon 4) lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, yang difasilitasi oleh asesor kepegawaian dari Kantor Regional VI Badan Kepegawaian Negara Medan, berlangsung pada tanggal 6 – 9 Agustus 2024. Selanjutnya hasil asesmen kompetensi/potensi dipadukan dengan data kinerja pegawai dengan bantuan aplikasi manajemen talenta, sehingga menghasilkan matriks nine box, yang dapat digunakan oleh Bupati Nias selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam pengambilan kebijakan kepegawaian di Kabupaten Nias.

Kepala BKPSDM Kabupaten Nias (Efori Telaumbanua, S.T., M.Si.)
menyampaikan paparan pada kegiatan launching Men MATA ASN Kabupaten Nias

Kegiatan launching Men MATA ASN yang dilaksanakan secara daring (zoom meeting) diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, serta seluruh pejabat dan ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias (Samson P. Zai, S.H.,M.H.) selaku Pejabat yang Berwenang (PyB) di bidang kepegawaian, menekankan agar hasil pemetaan ASN dimaksud dijadikan sebagai evaluasi bagi setiap ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Nias untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Bupati Nias, Yaatulo Gulo, S.E.,S.H.,M.Si., meluncurkan Men MATA ASN (18/09/2024)
Tampilan Aplikasi Men MATA ASN Kabupaten Nias

Mengakhiri arahannya, Bupati Nias berharap Men MATA ASN dikembangkan dan dilanjutkan untuk mendukung penerapan sistem merit dalam manajemen ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias, sehingga Kabupaten Nias Maju yang merupakan visi besar Kabupaten Nias dapat diwujudnyatakan.


Berita Terkait